Sabtu, 25 Mei 2013

STUDI BANDING MENGENAL BUDAYA BALI OLEH MAHASISWA NORTHEASTERN UNIVERSITY BOSTON USA DI DESA SUDAJI

     Desa Sudaji merupakan desa yang terkenal dengan hasil pertanian dan perkebunan (agro wisata) dan juga sebagai tempat spritual, tentunya desa Sudaji  layak kita jadikan sebagai salah satu Obyek Daya Tarik Wisata (ODTW) bagi kabupaten Buleleng.
        Tidak perlu disangsikan bahwa potensi alam desa Sudaji dan air terjun sekumpul menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung menikmati keindahannya.
        Keberhasilan tersebut atas peran Ketut Susana yang biasa disapa Zanzan,  ia adalah salah satu tokoh spritual asal Sudaji yang serta merta memperjuangkan desa Sudaji menjadi kawasan wisata. kesuksesan ini dimulai dari tahun 2011, dengan mendirikan Omunity Bali sebagai tempat kegiatan spiritual dan pendidikan untuk wisatawan maupun pelajar yang berkunjung ke Bali.
       Tempat tersebut berada di banjar Kukuh dan menjadi sentral kegiatan Omunitynya, dimana setiap wisatawan yang berkunjung bisa menginap disalah satu rumah penduduk. Ini merupakan suatu terobosan baru sehingga masyarakat secara langsung bisa menikmati hasil pariwisata.
       Salah satunya adalah rombongan mahasiswa Northeastern University Boston USA, mereka berkunjung untuk mengenal lebih dekat masyarakat desa Sudaji serta belajar dan memahami kebudayaan Bali.
       Berbagai kegiatan telah dilakukan, salah satunya adalah mengunjungi  SDN 1 Sudaji dan berbaur mengajarkan berbagai permainan yang ada di Amerika kepada siswa dan siswi sekolah tersebut.
Kegiatan bermain bersama siswa SDN 1 Sudaji yang dikenalkan oleh mahasiswa  
Northeastern University Boston USA.

       Siang harinya  mereka kembali kepusat Omunity untuk belajar yoga, menganyam keranjang (guungan), membuat tempat sampah dan membuat canang. Hasil kegiatan tersebut mereka sumbangkan ke tiap-tiap banjar untuk dipergunakan sebagai tempat sampah organik maupun non organik.
       Betapa seriusnya mereka menjalani latihan ini. Kita bisa lihat dari gambar dibawah ini : (win)

Kegiatan belajar membuat kerajinan mengulat guungan oleh mahasiswa  
Northeastern University Boston USA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar